Pertemuan KPMD Bersama Pemerintah Desa Plaosan

Pati, 13/09/2021- KPMD bersama pemerintah Desa Plaosan mengadakan pertemuan di Balai Desa Plaosan guna membahas kegiatan-kegiatan desa yang akan diselenggarakan. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Desa Plaosan, Perangkat Desa, Serta Ketua KPMD tiap dusun.

Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) merupakan anggota masyarakat desa yang memiliki pengetahuan, kemauan, serta kemampuan untuk menggerakkan masyarakat dalam pemberdayaan dan pembangunan desa. KPMD dan Pemerintah Desa mempunyai agenda rutin yang biasa diselenggarakan setahun sekali, yakni pertemuan yang membahas terkait rencana pembangunan desa sampai dengan kendala yang dihadapi dalam proses pembangunan tiap tahunnya.

 

Dalam pertemuan ini Kepala Desa Bapak Ari Wijayanto dan Kaur. Keuangan Bapak Ali Mahmudi menyampaikan anggaran dana terkait pembangunan desa, lalu dilanjutkan oleh Bapak Bambang Sudarmanto yang menjelaskan terkait teknis pelaksanaan musdus (Musyawarah dusun) yang akan dilaksanakan untuk langkah awal penampungan usulan pembangunan tingkat dusun yang akan dilanjutkan ke musdes (Musyawarah desa) sebagai acuan penyusunan RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa).

Dalam forum ini Bapak Ali Mahmudi selaku perangkat desa menyampaikan pesan “Sama-sama diniatkan perjuangannya, mari kita berjalan bersama-sama, tanpa KPMD desa tidak bisa berjalan, KPMD pun tanpa dari desa juga tidak bisa berjalan.”

Penulis: Laily Nurunni’mah (KKN-IK IAIN KUDUS 2021)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan